UNTUK PERKEMBANGAN BLOG INI TOLONG KLIK IKLAN YANG ADA DI BLOG INI

Ikan Bloso atau Biasa Dikenal dengan Sebutan Betutu


Iwak bloso atau yang biasa dikenal dengan sebutan Betutu merupakan ikan air tawar asli Indonesia yang memiliki nama ilmiah Oxyeleotris marmorata. Ikan ini juga memiliki sebutan lain seperti Gabus Malas, di Kalimantan dinamakan Bakukut, orang Cina menyebutnya Sun Hok, sedangkan dunia internasional menamainya marbled goby atau sand goby.
Ikan Bloso alias Ikan Betutu
Berikut nama atau sebutan untuk ikan bloso atau betutu yang saya ambil dari situs wikipedia. Nama-nama lainnya di pelbagai daerah di Indonesia adalah bakut, bakutut, belosoh (nama umum), boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris disebut marble goby atau marble sleeper, merujuk pada pola-pola warna di tubuhnya yang serupa batu pualam kemerahan.
Ikan ini sangat nikmat jika dikonsumsi, dagingnya yang tebal dan empuk, serta durinya yang sedikit lebih lunak menjadikan ikan ini banyak dicari dan diburu pecinta kuliner. Jangan salah karena harga ikan juga sangat mahal ketimbang ikan air tawar lainnya. Tarip menu ikan betutu di hotel-hotel berbintang berkisar antara Rp 250.000,00 – Rp 300.000,00 untuk satu porsi dengan ukuran 0,8 kg -1 kg. Sedangkan harga ikan betutu hidup di tingkat tengkulak atau brooker bervariasi antara Rp 75.000,00 – Rp 100.000,00 per kilogramnya.
Saya dulu pernah mendapatkan ikan ini ketika lagi mancing di sungai brantas di daerah Mojokerto. Nyaris saja ikan tangkapan hasil memancing ini saya lepas kembali karena ketidaktahuan saya, maklum saya masih parno dengan ikan ini karena baru kali pertama saya melihat jenis ikan yang bentuknya memang sedikit aneh dari ikan yang biasanya ada di sekitar sungai brantas. Awalnya saya pikir ini ikan jadi-jadian, maklum lah karena banyak mitos yang beredar aneh – aneh ketika mancing di sungai brantas. Misalnya kalau dapat ikan aneh, seperti ikan yang ada tindiknya atau ikan yang aneh bentuknya harus dilepas kembali karena berhubungan dengan mistis. Yah namanya orang Jawa, sedikit banyak percaya sama hal yang begituan. Beruntung ada tetangga yang tahu bahwa ikan jenis ini bukan ikan mistis, malah ikan yang sangat nikmat jika di makan dan termasuk ikan mahal serta sulit untuk dicari.
Saya sangat beruntung bisa mendapatkan ikan ini dengan cara memancing. Dan pada akhirnya saya putuskan untuk digoreng dan dimakan dengan lalapan. Rasanya maknyus

Categories:

Leave a Reply