UNTUK PERKEMBANGAN BLOG INI TOLONG KLIK IKLAN YANG ADA DI BLOG INI

Cara Memasang Umpan

Sebelum memasang umpan, ada beberapa hal yang perlu kita tahu:
A. Mata kail
Mata kail berperan sangat penting dalam menggunakan umpan sotong (cumi) hidup, apabila kail itu besar dan berat maka ia akan membunuh umpan tersebut. Anda perlu menyesuaikan kail dengan umpan. Mata kail berukuran antara 1/0 hingga 8/0 adalah yang paling sesuai terutama yang diperbuat daripada “carbon steel” karena kail yang diperbuat daripada jenis ini adalah sangat ringan.
Penggunaan kail tergantung pada ikan yang ingin di pancing, misalnya untuk ikan Tenggiri mata kail berukuran antara 5/0 hingga 7/0 dapat digunakan adapun untuk ikan jenis Tuna yang besar maka ukuran 5/0 hingga 10/0 yang digunakan.
B. Jenis perambut
Jenis perambut (Bali: perambat) yang digunakan juga berperan sangat penting karena akan menentukan umpan tersebut dapat bergerak secara alami serta jenis kail yang perlu digunakan. Cobalah gunakan jenis “wire leader” yang paling halus sekali dari jenis 25 lb hingga 40 lb untuk ikan tenggiri dan 80 lb hingga 120 lb untuk ikan jenis Pari atau Pe atau cobalah gunakan jenis “mono leader” antara 60 lb hingga 120 lb dengan kail dari jenis “O’Shaughnessy” yang mempunyai batang (shank) yang panjang.
Umpan Ikan Hidup (Life Bait)
Cara memasang umpan untuk memancing di permukaan air (Surface Fishing)

Cara Memasang Umpan Ikan Hidup
Jika kita menginginkan umpan hidup bermain di atas permukaan air dimana ikan yang diburu seperti ikan tenggiri, ikan layaran atau mersuji. Kita memasang mata kail pada umpan ikan hidup pada beberapa bagian supaya umpan ikan tersebut akan berenang hanya beberapa kaki di permukaan air. Kita memasang mata kail pada belakang ikan dekat dengan ekor, boleh juga memasang mata kail di bagian belakang kepala atau melalui mulut ikan umpan tersebut.
Cara memasang umpan untuk memancing ke dasar atau ke bawah (Bottom Fishing)

Cara Memasang Umpan Mancing Dasar
Jika kita menginginkan umpan hidup kita bermain di dasar atau di bawah permukaan air dimana ikan yang diburu seperti GT, kakap. Kita memasang mata kail pada umpan ikan hidup pada beberapa bagian supaya umpan ikan tersebut akan berenang di dasar laut atau di bawah air.
Kita memasang mata kail pada belakang ikan dekat dengan ekor dimana kail di letakkan pada bagian bawah ikan.
Cara memasang umpan untuk memancing di arus kuat atau menggunakan batu pemberat. (Fast current or with sinkers)

Cara Memasang Umpan Mancing Arus Kuat
Ketika kita memancing di arus yang deras, kita memerlukan batu pemberat untuk umpan ikan hidup itu berada di tahap kedalaman yang kita tentukan. Kita memasang mata kail pada umpan ikan hidup pada beberapa tempat supaya umpan ikan itu hanya berenang di dasar laut atau di bawah air.
Pasang mata kail pada belakang kepala ikan dimana kail diletakkan pada bagian atas ikan atau melalui mata umpan ikan tersebut. Cara ini dapat membantu ikan tersebut berada pada tahap yang ditentukan dan juga ikan tidak akan mati dengan cepat.
Apabila anda ingin melihat cara menyambung senar pe dan leader, klik DI SINI.

Categories:

Leave a Reply