UNTUK PERKEMBANGAN BLOG INI TOLONG KLIK IKLAN YANG ADA DI BLOG INI

Cara Merilis Ikan



Zona Ikan Kita – Pada saat memancing kita sedang menggunakan barang – barang yang berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan dan hewan air lainya. Oleh karena itu kita harus menggunakannya dengan bijak dan berhati – hati agar kelangsungan hidup ikan dan hewan air lain tetap terjaga kelestariannya. Terutama bagi anda pemancing di sungai atau tempat – tempat alami lainya, sehingga kelak anak cucu kita masih bisa merasakan sensasi mancing ikan di alam liar.



Segerakan untuk menyudahi perlawanan ikan

Hal yang paling mengasyikkan bagi para pemancing adalah ketika umpan disambar ikan dan bertarung dengan ikan itu untuk membawanya ke daratan. Namun hendaknya kita tidak berlama – lama bertarung dengan ikan, sehingga ikan tersebut dapat kembali sehta ketika kit merilisnya kembali ke alam bebas.

Lepas kail dengan hati – hati

Untuk menjaga ikan tetap hidup tentunya kita harus berhati – hati melepas kail yang tersangkut di mulut ikan agar tidak terluka terlalu parah. Sehingga masih ada kemungkinan ikan itu hidup ketika kita rilis kembali ke alam. Jika kail terlalu dalam termakan dan susah untuk di lepas, akan lebih baik jika kita memotongnya daripada harus memaksa melepas, yang justru akan melukai lebih parah ikan tersebut.

Siapkan kain basah

Pada saat ikan suda terangkat, pastikan kita memegang ikan tersebut dengan kain yang telah kita basahi. Tujuannya adalah menjaga kulit ikan agar tetap lembab dan lendir ikan tidak hilang. Jika lendir ikan itu hilang maka ikan tersebut akan rentan terhadap penyakit dan bakteri lainya.

Bantu ikan bernafas kembali

Pada saat akan merilis ikan ke dalam air jangan langsung di lepas, karena ikan masih stress dan lemas. Tenaga ikan tersebut telah terkuras habis pada saat melakukan perlawanan dengan pemancing. Selain itu, ikan tersebut juga akan lemas karena terlalu banyak kehilangan oksigen pada saat berada di daratan untuk dilepas dari kail dan kadang untuk sesi foto.

Sumber : sportfishingmag.com

Read more: http://zonaikankita.blogspot.com/2012/02/cara-merilis-ikan.html#ixzz247lxnUdo

Categories:

Leave a Reply